Kesehatan gigi dan mulut


Faktor yang mempengaruhi kualitas kesehatan gigi seseorang tidak lepas dari ketiga aspek dibawah ini, yaitu:
a.     Aspek Fisik
Aspek fisik merupakan aspek yang mempengaruhi kualitas kesehatan gigi dan mulut yang disebabkan oleh keadaan yang terdapat di dalam mulutnya sendiri, misalnya karena pemberian gizi yang salah pada saat kehamilan menyebabkan struktur gigi rentan terhadap karies ataupun, misalnya keadaan gigi yang berjejal, keadaan ini mengakibatkan mudahnya penumpukan plak dan sisa – sisa makanan sehingga mempermudah timbulnya karies maupun radang gusi.
b.      Aspek Mental
Aspek mental dapat mempengaruhi kualitas kesehatan giig dan mulut karena sikap kepercayaan dan keyakinan seseorang akan mempengaruhi tingkah laku orag tersebut. Misalnya, apabila seseorang percaya bahwa penyakit gigi dan mulut disebabkan oleh pengaruh guna – guna, tentunya untuk mengobati penyakitnya orang tersebut tidak akan pergi ke dokter gigi melainkan akan pergi ke dukun. Dengan demikian, penyakitnya akan bertambah parah.
c.       Aspek Sosial
Aspek sosial yang mempengaruhi kualitas kesehatan gigi dan mulut biasanya disebabkan oleh nilai budaya yang berkembang di daerahnya. Selain itu, dapat pula disebabkan oleh pengaruh sosioekonomi yang kurang, keadaan ini pun akan mempengaruhi tingkah laku orang tersebut.
Untuk memperbaiki mutu kesehatan gigi harus dilaksanakan pemeliharaan secara menyeluruh yang mencakup aspek mental, fisik dan sosial, yaitu dengan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.

Sumber:
Herijulianti, Eliza, Tati Svasti Indriani, dan Sri Artini. 2002. Pendidikan Kesehatan Gigi. Buku Kedokteran EGC. Jakarta
 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kesehatan gigi dan mulut"

Silahkan berkomentar tentang postingan di blog ini..